Surat Perpisahan Jack Ma Pada Pemegang Saham Alibaba


Jack Ma. Foto: Alibaba


Jakarta - Jelang mengumuman pendapatan kuartal kedua pada 2 November mendatang, Jack Ma mengirimkan surat terakhirnya untuk pada para pemengang Alibaba. Apa isinya?

Jack Ma mengawali suratnya dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada para pemegang saham atas kepercayaan mereka terhadap dirinya dan Alibaba sejak penawaran perdana empat tahun silam. 

Pria berusia 54 tahun itu kembali menyampaikan keputusannya untuk mundur sebagai Chairman of Board of Alibaba. Pun begitu dirinya siap kapanpun bilamana diajak berdiskusi soal masa depan perusahaan yang telah dirintisnya.

"Sebagaimana yang saya sampaikan bulan lalu, saya akan mengalihkan posisi Chairman kepada CEO Alibaba Daniel Zhang di bulan September tahun depan. Namun, sebagai seorang mitra di Alibaba Partnership, pemilik saham, dan pendiri perusahaan, saya akan selalu senang untuk terlibat dalam berbagai diskusi tentang
perusahaan kapan pun di masa depan," ujarnya.

Jack Ma Kirim Surat Terakhir untuk Pemegang Saham Alibaba


Jack Ma pun mengutarakan rencananya setelah pensiun nanti. Dia mengatakan akan mendedikasikan lebih banyak waktu dan upaya untuk pendidikan, filantropi, dan lingkungan hidup. Kendati begitu, dirinya akan tetap memperhatikan Alibaba.

"Saya tidak akan duduk diam, saya akan bisa menghabiskan waktu untuk memilih bidang-bidang menarik dan bermakna yang saya bisa jalani dengan penuh semangat. Tentu, sampai kapan pun, saya adalah milik Alibaba, bersyukur untuk Alibaba, dan akan terus berada di sisi Alibaba untuk mendukung dan menyemangati perusahaan," tuturnya. 

Dalam suratnya, Jack Ma memastikan Alibaba akan tetap berkomitmen untuk pertumbuhan yang berkelanjutan selama minimal 102 tahun dan menjalankan misinya untuk memudahkan setiap orang berbisnis di mana pun. Alibaba Akan mengambil selangkah demi selangkah untuk mencapai tujuan.

"Di tahun 2036, kami akan melayani 2 miliar konsumen global, memberdayakan 10 juta perusahaan yang mencetak keuntungan dan menciptakan 100 juta pekerjaan," kata pria kelahiran Hangzhou itu.

Lebih lanjut dipaparkannya ekonomi global berada dalam kondisi kacau dalam beberapa waktu lalu, mulai dari ketidakpastian tentang hubungan dagang, tren konsumen, pasar modal, dan industri manufaktur. Belum lagi ketegangan hubungan dagang Amerika - China yang meningkatkan risiko ketidakstabilan. Ini ketiga kalinya dalam sejarah.

"Alibaba selama 19 tahun terakhir telah menghadapi langkah mundur di perekonomian global. Namun pengalaman masa lalu telah mengajarkan kami bahwa ada berbagai kesempatan besar di balik kegelisahan dan friksi yang ada," tutur Jack Ma. 

"Pertanyaan satu-satunya adalah bagaimana kita bisa menggeliat. Tantangan-tantangan besar menimbulkan kesempatan-kesempatan besar," imbuhnya.

Jack Ma turut menilai model bisnis konvensional dan kerangka regulasi untuk perdagangan global yang kini berlaku tengah mengalami tantangan-tantangan besar. Namun ini merupakan kesempatan tepat bagi pihaknya untuk menjadikan globalisasi sebagai prioritas. 

Dan Alibaba telah menghabiskan tiga tahun terakhir untuk mengembangkan sistem perdagangan yang melayani usaha-usaha kecil dan menengah serta
konsumen di seluruh dunia. Hasilnya mereka telah membuat kemajuan-kemajuan untuk mewujudkan tujuan "global buy," "global sell," "global pay," "global delivery," dan "global travel". 

Untuk memastikan UMKM, kaum muda dan perempuan memiliki akses yang setara kepada perdagangan global, Alibaba juga mendorong inklusi dalam "4T". trade (perdagangan), tourism (pariwisata), training (pelatihan) dan technology (teknologi). "Saya senang kami bisa mengerahkan teknologi, pengalaman dan sumber daya Alibaba, untuk membangun dan memperbaiki sistem perdagangan global yang baru dan inklusif untuk masa depan.

Di akhir suratnya, pria yang hobi Tai Chi kembali mengucapkan terima kasih ke Para pemegang saham dan memastikan Alibaba tidal akan berhenti memanfaatkan kesempatan yang ada.

"Kami akan selalu berinvestasi untuk masa depan. Kami sangat percaya bahwa jika kami berinovasi untuk memecahkan masalah-masalah dan menciptakan nilai-nilai riil dalam prosesnya, kesempatan dan profitabilitas pasar tidak akan jauh dari kami," kata Ma.

"Tahun depan, saat saya menyerahkan tanggung jawab eksekutif saya, status saya akan menjadi pemegang saham. Alibaba seperti halnya Anda semua. Dengan antisipasi, rasa ingin tahu dan bangga, saya sangat menantikan bisa bergabung dengan Anda dan memasuki tahapan lanjut perjalanan kita Bersama," pungkasnya. @detik.com

0 Response to "Surat Perpisahan Jack Ma Pada Pemegang Saham Alibaba"

Posting Komentar