8 Jenis Kopi Nusantara Terbaik Dan Terpopuler

8 Jenis Kopi Nusantara Terbaik Dan Terpopuler - Kopi adalah alah satu komoditi pertanian yang menjadi andalan para petani sukses.  Seperti yang sudah kami jelaskan dalam pertemuan yang lalu,bahwa Indonesia termasuk salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Jenis kopi yang sangat beragam serta kondisi iklim yang mendukung membuat banyak sekali para penduduk Indonesia menjadi seorang petani kopi, khususnya di daerah Sumatra dan jawa.
8 Jenis Kopi Nusantara Terbaik Dan Terpopuler


Untuk jenis kopi yang menjadi andalan Indonesia adalah kopi aceh gayo, atau kopi gayo yang berasal dari banda aceh.  Untuk jenis kopi ini sangat baik bila di tanam di dataran tinggi, semakin baik tanaman kopi ini di tanam di dataran tinggi maka semakin baik pula kuwalitas biji yang di dapat. Dan tidak bisa di pungkiri kopi gayo dapat tembus ke pasaran internasional dan mengalahkan jenis jenis kopi nusantara lainnya.

Nah setelah beberapa lalu kami memberikan anda semua macam jenis jenis kopi budidaya kali ini kami selaku penulis akan memberikan beberapa informasi menganai jenis kopi nusantara agar anda selaku petani bisa jauh mengenal jenis jenis kopi yang ada di Negara kita tercinta Indonesia raya. baik langsung saja untuk mengetahui apa saja 8 Jenis Kopi Nusantara Terbaik Dan Terpopuler simak ulasan berikut ini


Macam  Jenis Kopi Nusantara Terbaik Dan Terpopuler


1. Kopi Aceh Gayo

Jenis kopi nusantara yang pertama adalah kopi aceh gayo, kopi yang berasal dari tanah gayo aceh tengah ini memiliki cita rasa kopi yang sangat begitu khas. sudah tidak heran jika kopi ini menjadi unggulan bagi para penikmat kopi di Indonesia.  Kopi aceh gayo merupakan salah satu kopi arabika yang terbaik di dunia, dan menjadi salah satu penghasil kopi terbesar  di Asia.

Untuk soal rasa, kopi aceh gayo memiliki cita rasa yang sedikit lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah, serta aromanya yang sangat tajam menjadikan kopi ini banyak di sukai di banyak kalangan pecinta kopi nusantara.  Meskipun memiliki rasa pahit kopi gayo memiliki aroma yang sangat gurih di setiap tegukannya.


2. Kopi Sumatera

Selanjutnya ada kopi Sumatera, kopi sumatera merupakan salah satu kopi yang paling terkenal di dunia. Dan yang paling terkenal adalah kopi yang berasal dari Sumatera Utara dengan sebutan kopi Sidikalang, mandheling dan Lintong. Jenis kopi ini memiliki cita rasa yang sangat berat, dan bisa di bilang kopi yang memiliki cita rasa yang paling kental di antara jenis jenis kopi lain di nusantara dan bahkan di dunia.

Dengan tekstur halus dan berbau tajam yang sangat khas, menjadikan kopi sumatera ini salah satu kopi yang terlaris di dunia. Menurut beberapa ahli kopi mengatakan, kopi sumatera memiliki cita rasa yang begitu unik sebab dengan karakteristik serta dengan aroma rempah dan juga earthy.


3. Kopi Sulawesi

Jenis kopi nusantara lainnya adalah kopi sulawaesi. Dan kopi yang paling di kenal di Sulawesi adalah kopi Toraja. Tanah toraja adalah daerah yang di berkahi memiliki tanah subur dengan menghasilkan kopi yang berkualitas yang tidak kalah baik dengan kopi nusantara di daerah lain. Ciri khas dari kopi toraja adalah cita rasanya yang memiliki rasa yang kuat serta kadar asam yang sangat tinggi.

Meskipun memiliki rasa yang hampir mirip dengan jenis kopi sumatera namun aroma dari kopi toraja memiliki ciri khas tersendiri. Untu ukuran biji kopi sendiri,toraja memiliki bentuk biji yang lebih kecil, lebih mengkilap dan lebih licin pada kulitnya.


4. Kopi Bali Kintamani

Kemduain ada kopu bali kintamani, seperti namanya kopi tersebut berasal dari daerah kintamani bali. Kopi kintamani memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari jenis kopi nusantara yaitu dengan memiliki cita rasa buah buahan yang segar dan asam. Hal itu di karenakan di daerah kintamani masyarakat setempat menanam kopi bersamaan dengan tanaman lain seperti buah dan sayur seperti buah jeruk.

Kenapa jenis kopi kintamani memiliki rasa ciri khas buah sebab tanaman kopi yang berada di daerah kintamani meresap rasa buah buahan seperti jeruk dan lain sebagainya. selain itu kopi ini memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat seperti jenis kopi nusantara sumatera. Nah bagi sobat pecinta kopi yang ingin mencicipi rasa kopi yang berbeda, ada baiknya sobat mencoba kopi kintamani ini.


5. Kopi Jawa

Kemudian ada kopi jawa, kopi nusantara yang satu ini juga memiliki rasa yang jelas berbeda dari jenis kopi kopi lainnya. Aroma rempah yang terdapat di dalam biji kopi jawa lahir secara alami dan menjadikan kopi jenis ini laris di nikmati oleh masyarakat umum. Walaupun dari segi rasa dan aroma kopi jawa tidak sekuat kopi Sumatra dan Sulawesi  namun kopi jawa memiliki penikmat kopi tersendiri sebab ciri khas aroma rempah yang melekat di dalam biji kopi sungguh terasa.


6. Kopi Luwak

Selanjutnya ada kopi luwak, jenis kopi luwak ini bukan buah kopi yang tumbuh dan kemudian berbuah melainkan buah kopi yang di makan oleh binatang luwak yaitu binatang sejenis musang. Keberadaan akan kopi luwak sendiri banyak di cari orang, tentunya kopi jenis ini memiliki rasa yang begitu khas dan nikmat. Karena cita rasa yang begitu nikmat membuat kopi ini menjadi salah satu jenis kopi yang mendunia, dan tidak tanggung tanggung harga satu cangkir kopi luwak mencapai ratusan ribu rupiah.

Yang membedakan kopi luwak berbeda dengan jenis kopi lain adalah buah kopi yang di makan musang atau luwak lalu di keluarkan menjadi fases yang sudah menjadi biji kopi. dari biji kopi tersebut menciptakan aroma yang sangat khas dan menjadikan kopi ini memiliki nilai harga yang sangat tinggi.


Perlu anda ketahui, bahwa kopi luwak adalah kopi yang memiliki harga yang palinggi tinggi dari kopi lain sehingga beberapa tahun silam kopi luwak masuk kedalam Guiness Book Of Records. Banyak café yang menyediakan kopi luwak ini dengan harga yang begitu mahal. bagai mana anda tertarik untuk membudidayakan kopi luwak ini, jika ya silahkan baca panduan nya di sini Budidaya Kopi Luwak


7. Kopi Papua Wamena

Jenis Kopi Nusantara yang selanjutnya ada kopi papua wamena. Kopi dari Indonesia bagian timur ini sangat bagus dan dapat tumbuh secara optimal apabila di tanam pada daerah yang memiliki ketinggian mencapai 1200 meter di atas permukaan laut. kopi papua wamena yang di tanam pada ketinggian tersebut memiliki citras rasa yang sangat tajam dan nikmat.

Hal yang paling menarik dari kopi papua wamena adalah dengan kopi yang di tanam secara organik tanpa campur tangan bahan bahan kimia. Sama dengan jenis kopi nusantara bali kintamani, kopi ini memiliki cita rasa yang begitu lembut dan nyaris tanpa ampas.


8. Kopi Flores Bajawa

Jenis kopi nusantara berikutnya yang tidak kalah populer adalah kopi flores Bajawa. Kopi ini banyak di hasilkan di daerah Kabupaten Ngada. Sama hal nya dengan kopi bali kintamani jenis kopi flores bajawa memiliki sedikit aroma buah di setiap biji kopinya, dan rasa khas tembakau merupakan sebuah keunikan yang mungkin tidak terdapat di semua jenis kopi di nusantara maupun dunia.



Nah demikian lah jenis kopi nusantara yang bisa kami informasikan untuk anda semua penikmat kopi di seluruh Indonesia. silahkan jelajahi kopi mana yang menurut anda enak dan harus anda coba. Menurut admin sendiri sih harus di coba semua hehe

0 Response to "8 Jenis Kopi Nusantara Terbaik Dan Terpopuler"

Posting Komentar